All About Everything

Selasa, 28 Januari 2014

Ringkasan Berbagai Layanan yang ada di Internet



BERBAGAI LAYANAN YANG ADA DI INTERNET
        Media internet merupakan gerbang informasi dan komunikasi yg sangat luas. Artinya, semua pelayanan yang terdapat di Internet dapat diakses setiap manusia yang ada di belahan dunia ini kapan juga. Internet tidak hanya menyajikan informasi dan layanan yang beragam, tetapi juga cepat. Informasi di Internet berubah dalam hitungan yang sangat cepat, bisa setiap detik. Jika ada ungkapan ’dunia selebar daun kelor’ barang kali ada benarnya, sebab saat ini orang bisa mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh dunia dengan cepat.
1.      WORLD WIDE WEB (WWW)
World Wide Web (WWW atau lebih disingkat lagi web) adalah media informasi global dimana pengguna dapat membaca dan menulis melalui komputer yang terhubung ke internet. Web merupakan titik awal pengguna ketika ingin menjelajahi dunia internet. Istilah web sering disalah artikan sebagai sinonim dari internet, padahal web adalah suatu layanan yang terdapat di internet, layaknya e-mail.

World Wide Web diperkenalkan tahun 1992 oleh Tim Benners Lee. Sejak saat itu, web terus berubah dan berkembang dengan cepat. Web dikembangkan dengan mengaitkan informasi global melalui hypertext dan memiliki kemampuan mengaitkan dengan situs FTP serta jenis server lainnya. Orang menggunakan web untuk berkomunikasi, mengakses informasi, bisnis, dan tujuan rekreasi (memperoleh hiburan).

Dengan perkembangan program browser yang makin canggih, hypertext dituliskan dalam jenis HTML (HyperText Markup Language). Seiring dengan perkembangan itu, memungkinkan web untuk menggunakan fasilitas lain seperti e-mail dan news group yang diakses melalui WWW. Oleh karena itu, web sangat diminati dibandingkan dengan program layanan yang lain.

Penggunaan World Wide Web sangat mudah. Program browser yang paling populer digunakan, antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Mozilla Firefox.

2.      MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)
Kebutuhan Informasi seakan menjadi urat nadi bagi masyarakat. Jika seseorang tidak pernah mendapatkan informasi maka ia akan ketinggalan zaman. Salah satu sumber informasi yang paling besar di dunia adalah internet. Melalui internet, kita dapat mengetahui berbagai macam informasi. Lebih lanjut, kini media masa pun telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana membagikan informasi. Sebagai gudang informasi global, informasi yang ada di internet sangat banyak dan beragam. Jika tidak ada yang membantu, tentu kita akan sulit menemukan informasi yang cocok. Ibarat mencari rumah teman di daerah yang belum kita kenal, kita memerlukan seorang untuk membantu menemukannya.
Beberapa mesin pencari yang terkenal, antara lain Google, Yahoo!, Altavista, dan MSN.
Beberapa keuntungan menggunakan mesin pencari sebagai berikut.
a.      mempermudah pengguna dalam mencari produk yang ada di situs perusahaan
b.      membantu mencari artikel, gambar, atau jurnal penelitian
c.       mencari alamat website suatu software atau web untuk di download.
Beberapa kelebihan menggunakan mesin pencari sebagai berikut.
a.      Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
b.      lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
c.       Tampilan yang sederhana.
d.      Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
e.      Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
f.        Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
g.      Fiturnyanya yang komplit.
h.      Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
i.        mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
j.        keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya.
k.       Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
l.        Kemudahan dalam mencari.
m.    Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
Sebaliknya, kekurangan menggunakan mesin pencari adalah dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini (Google) jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.


3.      SURAT ELEKTRONIK (ELECTRONIC MAIL)
Surat elektronik atau lebih dikenal dengan sebutan e-mail menjadi sarana komunikasi paling populer di kalangan pengguna internet. E-mai adalah layanan yang tidak lebih dari sebua pesan teks yang diketikan lewat keyboard. Setelah selesai diketik, pesan dikirim ke pemakai lain. Sama halnya dengan surat pos biasa, e-mail membutuhkan alamat yang jelas agar sampai di tempat tujuan. Namun, e-mail memiliki beberapa kelebihan berikut dibanding surat pos biasa.

1.      Pengiriman yang cepat. Hanya dalam beberapa menit (bahkan detik), e-mail dapat langsung sampai di tempat penerima.
2.      Biaya murah. Pengirim hanya perlu mengeluarkan biaya untuk koneksi ke internet. Untuk jasa pengiriman e-mail, baik jarak jauh atau dekat, isi panjang atau pendek, ukuran besar atau kecil, apapun isinya (teks, gambar, audio, dan video) tidak dikenakan biaya tambahan.
3.      Mendukung isi multimedia. Isi multimedia dapat membuat tampilan e-mail jauh lebih menarik dari pada e-mail teks biasa. Misalnya, e-mail dapat diberi hiasan gambar dan jenis serta warna huruf yang berbeda-beda.
4.      Keyamanan karena tidak terbatas ruang dan waktu. Surat pos biasa memiliki jam-jam tertentu kapan surat-surat yang telah terkumpul di kantor pos akan dikirimkan oleh petugas pos ke alamat tujuan. Namun, e-mail segera dikirimkan saat itu juga. Layanan e-mail tidak mengenal jam buka atau tutup. Bahkan, di hari libur pun layanan e-mail tidak pernah tutup.
5.      Relatif lebih aman. Untuk membuka e-mail dalam kotak pos, penerima harus memasukan kata sandi terlebih dahulu. Hal itu mengurangi resiko orang yang tidak berkepentingan membuka e-mail.


4.      CHATTING
Chatting adalah pembicaraan dalam suatu kelompok tertentu dengan seseorang yang telah tercatat dalam server IRC (Inernet Relay Chat). IRC adalah suatu bentuk komunikasi grup pada forum diskusi yang dikenal dengan channel, tetapi mengizinkan pula untuk melakukan komunikasi secara individu.

Chatting dibagi menjadi dua macam, yaitu berupa teks dan suara. Contoh cahtting berbasiskan teks adalah mIRC, Yahoo! Messenger, dan ICQ. Pengguna hanya mengetikan teks pada program yang tersedia dan mengirimkannya pada lawan bicara. Adapun chatting berupa suara dapat disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Cara kerja VoIP adalah mengubah suara yang berupa sinyal audio analog menjadi data digital sehingga dapat dikirimkan melalui jaringan internet. Keuntungan VoIP adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan panggilan jarak jauh menjadi murah. Beberapa software gratis yang dapat digunakan untuk melakukan VoIP adalah Skype, Yahoo! Messenger with Voice, dan Google Talk.

5.      MAILING LIST (MILIS)
Mailing List sering disebut juga dengan singkatan “Milis”, adalah sebuah fasilitas di dunia maya yang mungkin sekarang ini banyak digunakan oleh sebagian masyarakat pengguna internet. Namun memang para pengguna Mailing List ini adalah mereka yang secara aktif menggunakan internet sebagai media untuk mencari informasi maupun berbagai informasi dengan pengguna internet yang lainnya.
Mailing List adalah sebuah forum diskusi. Jadi secara spesifik kegunaan Mailing List adalah agar para anggotanya bisa mendapatkan berbagi informasi, berita terbaru, topik bahasan mengenai berbagai hal. Dari mulai berita politik, ekonomi, olah raga, gosip, produk jualan, dan lain sebagainya.

Selain memiliki segala kegunaan Mailing List, milis juga memiliki kekurangan yang tidak kalah banyaknya. Kekurangan dari Mailing List adalah :


  • Mailing List kurang begitu praktis bagi para pengggunanya. Hal ini dikarenakan setiap anggota yang mengirimkan informasi melalui forum akan mendapatkan pemberitahuan juga melalui surat elektronik atau email. Informasi berita ini juga akan dikirimkan kepada semua anggota forum Mailing List melalui email masing-masing. Bila ada anggota yang membalas atau merespon suatu informasi, semua anggota juga akan menerima email mengenai informasi tersebut. Jadi kelemahannya adalah email pengguna akan sangat penuh karena update yang selalu dikirimkan oleh forum. 
  • Para anggota forum Mailing List harus menyertakan pesan informasi atau berita yang dia baca, setiap kali akan membalas informasi tersebut. Ini karena pengirim informasi tidak akan tahu informasi yang mana yang dibalas bila si pembalas tidak menyertakan kembali beritanya. 
  • Mengakses sebuah forum Mailing List di internet sangatlah lambat. Hal ini terjadi karena forum Mailing List yang biasanya kapasitasnya sangat besar sehingga harus menyedot bandwidth yang sangat banyak, dan tentu saja ini yang membuat pengaksesan Mailing List sangat lambat. 
  • Forum Mailing List tidak bersifat interaktif. Hal ini terjadi karena para anggota forum Mailing List tidak dapat mengkategorikan atau mengelompokkan informasi atau berita di forum Mailing List berdasarkan tema atau subyek berita yang lebih spesifik. 

6.      PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
Perdagangan sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunanya kini ialah e-commerce.

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-Commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Di samping itu, perdagangan elektronik juga masih menimbulkan beberapa masalah, antara lain sebagai berikut.
a.      Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
b.      Hukum yang kurang berkembang dalam bidang perdagangan elektronik ini.
c.       Perusahaan di internet tidak memiliki alamat secara fisik di suatu negara tertentu. Hal ini akan menyulitkan konsumen untuk mengembalikan produk yang tidak sesuai dengan pesanan.
d.      Konsumen sulit memperoleh jaminan untuk mendapatkan servis lokal atau perbaikan.
e.      Produk yang dibeli konsumen kemungkinan tidak sesuai dengan persyaratan lokal.
Perusahaan yang terkenal dalam bidang perdagangan elektronik, antara lain eBay, Yahoo!, Amazon, Google, dan Paypal. Adapun contoh situs perdagangan elektronik di Indonesia, antara lain www.glodokshop.com, www.indogrosiran.com, dan www.bukabuku.com.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar