BERBAGAI LAYANAN YANG ADA DI INTERNET
Media internet merupakan gerbang informasi dan komunikasi yg
sangat luas. Artinya, semua pelayanan yang terdapat di Internet dapat diakses
setiap manusia yang ada di belahan dunia ini kapan juga. Internet tidak hanya
menyajikan informasi dan layanan yang beragam, tetapi juga cepat. Informasi di
Internet berubah dalam hitungan yang sangat cepat, bisa setiap detik. Jika ada
ungkapan ’dunia selebar daun kelor’ barang kali ada benarnya, sebab saat ini
orang bisa mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh dunia dengan
cepat.
1. WORLD
WIDE WEB (WWW)
World Wide Web (WWW atau lebih disingkat lagi web) adalah media informasi
global dimana pengguna dapat membaca dan menulis melalui komputer yang
terhubung ke internet. Web merupakan titik awal pengguna ketika ingin
menjelajahi dunia internet. Istilah web sering disalah artikan sebagai sinonim
dari internet, padahal web adalah suatu layanan yang terdapat di internet,
layaknya e-mail.
World Wide Web diperkenalkan tahun 1992 oleh Tim Benners Lee. Sejak saat
itu, web terus berubah dan berkembang dengan cepat. Web dikembangkan dengan
mengaitkan informasi global melalui hypertext dan memiliki kemampuan mengaitkan
dengan situs FTP serta jenis server lainnya. Orang menggunakan web untuk
berkomunikasi, mengakses informasi, bisnis, dan tujuan rekreasi (memperoleh
hiburan).
Dengan perkembangan program browser yang makin canggih, hypertext
dituliskan dalam jenis HTML (HyperText Markup Language). Seiring dengan
perkembangan itu, memungkinkan web untuk menggunakan fasilitas lain seperti
e-mail dan news group yang diakses melalui WWW. Oleh karena itu, web sangat
diminati dibandingkan dengan program layanan yang lain.
Penggunaan World Wide Web sangat mudah. Program browser yang paling populer
digunakan, antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera,
dan Mozilla Firefox.
2.
MESIN
PENCARI (SEARCH ENGINE)
Kebutuhan Informasi seakan menjadi urat nadi bagi masyarakat. Jika
seseorang tidak pernah mendapatkan informasi maka ia akan ketinggalan zaman.
Salah satu sumber informasi yang paling besar di dunia adalah internet. Melalui
internet, kita dapat mengetahui berbagai macam informasi. Lebih lanjut, kini
media masa pun telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana membagikan
informasi. Sebagai gudang informasi global, informasi yang ada di internet
sangat banyak dan beragam. Jika tidak ada yang membantu, tentu kita akan sulit
menemukan informasi yang cocok. Ibarat mencari rumah teman di daerah yang belum
kita kenal, kita memerlukan seorang untuk membantu menemukannya.
Beberapa mesin pencari yang terkenal, antara lain Google, Yahoo!,
Altavista, dan MSN.
Beberapa keuntungan menggunakan mesin pencari sebagai berikut.
a.
mempermudah
pengguna dalam mencari produk yang ada di situs perusahaan
b.
membantu
mencari artikel, gambar, atau jurnal penelitian
c.
mencari
alamat website suatu software atau web untuk di download.
Beberapa kelebihan menggunakan mesin pencari sebagai berikut.
a.
Kecepatan
dan kemudahan dalam mencari.
b.
lebih
canggih dengan fitur yang dimilikinya.
c.
Tampilan
yang sederhana.
d.
Google
merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache
ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang
akan ditampilkan.
Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
e.
Adanya
fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
f.
Kecepatan
dan kemudahan dalam mencari.
g.
Fiturnyanya
yang komplit.
h.
Yahoo
juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help)
juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup
jelas.
i.
mampu
mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
j.
keunggulan
dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya.
k.
Dalam
pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual. Altavista mampu
menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
l.
Kemudahan
dalam mencari.
m.
Menu
bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang
banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
Sebaliknya, kekurangan menggunakan mesin pencari adalah dengan
kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini (Google) jadi bidikan
para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka
memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa
iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa
tergangggu.
3.
SURAT
ELEKTRONIK (ELECTRONIC MAIL)
Surat elektronik atau lebih dikenal dengan sebutan e-mail menjadi sarana
komunikasi paling populer di kalangan pengguna internet. E-mai adalah layanan
yang tidak lebih dari sebua pesan teks yang diketikan lewat keyboard. Setelah selesai
diketik, pesan dikirim ke pemakai lain. Sama halnya dengan surat pos biasa,
e-mail membutuhkan alamat yang jelas agar sampai di tempat tujuan. Namun,
e-mail memiliki beberapa kelebihan berikut dibanding surat pos biasa.
1.
Pengiriman
yang cepat. Hanya dalam beberapa menit (bahkan detik), e-mail dapat langsung
sampai di tempat penerima.
2.
Biaya
murah. Pengirim hanya perlu mengeluarkan biaya untuk koneksi ke internet. Untuk
jasa pengiriman e-mail, baik jarak jauh atau dekat, isi panjang atau pendek,
ukuran besar atau kecil, apapun isinya (teks, gambar, audio, dan video) tidak
dikenakan biaya tambahan.
3.
Mendukung
isi multimedia. Isi multimedia dapat membuat tampilan e-mail jauh lebih menarik
dari pada e-mail teks biasa. Misalnya, e-mail dapat diberi hiasan gambar dan
jenis serta warna huruf yang berbeda-beda.
4.
Keyamanan
karena tidak terbatas ruang dan waktu. Surat pos biasa memiliki jam-jam
tertentu kapan surat-surat yang telah terkumpul di kantor pos akan dikirimkan
oleh petugas pos ke alamat tujuan. Namun, e-mail segera dikirimkan saat itu
juga. Layanan e-mail tidak mengenal jam buka atau tutup. Bahkan, di hari libur
pun layanan e-mail tidak pernah tutup.
5.
Relatif
lebih aman. Untuk membuka e-mail dalam kotak pos, penerima harus memasukan kata
sandi terlebih dahulu. Hal itu mengurangi resiko orang yang tidak
berkepentingan membuka e-mail.
4.
CHATTING
Chatting adalah pembicaraan dalam suatu kelompok tertentu dengan
seseorang yang telah tercatat dalam server IRC (Inernet Relay Chat). IRC adalah
suatu bentuk komunikasi grup pada forum diskusi yang dikenal dengan channel,
tetapi mengizinkan pula untuk melakukan komunikasi secara individu.
Chatting dibagi menjadi dua macam, yaitu berupa teks dan suara. Contoh
cahtting berbasiskan teks adalah mIRC, Yahoo! Messenger, dan ICQ. Pengguna
hanya mengetikan teks pada program yang tersedia dan mengirimkannya pada lawan
bicara. Adapun chatting berupa suara dapat disebut VoIP (Voice over Internet
Protocol). Cara kerja VoIP adalah mengubah suara yang berupa sinyal audio analog
menjadi data digital sehingga dapat dikirimkan melalui jaringan internet.
Keuntungan VoIP adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan panggilan jarak
jauh menjadi murah. Beberapa software gratis yang dapat digunakan untuk
melakukan VoIP adalah Skype, Yahoo! Messenger with Voice, dan Google Talk.
5.
MAILING
LIST (MILIS)
Mailing List sering disebut juga dengan singkatan “Milis”, adalah sebuah fasilitas di
dunia maya yang mungkin sekarang ini banyak digunakan oleh sebagian masyarakat
pengguna internet. Namun memang para pengguna Mailing List ini adalah mereka
yang secara aktif menggunakan internet sebagai media untuk mencari informasi
maupun berbagai informasi dengan pengguna internet yang lainnya.
Mailing List adalah sebuah forum diskusi. Jadi secara spesifik
kegunaan Mailing List adalah agar para anggotanya bisa mendapatkan berbagi
informasi, berita terbaru, topik bahasan mengenai berbagai hal. Dari mulai
berita politik, ekonomi, olah raga, gosip, produk jualan, dan lain sebagainya.
Selain memiliki
segala kegunaan Mailing List, milis
juga memiliki kekurangan yang tidak kalah banyaknya. Kekurangan dari
Mailing List adalah :
- Mailing List kurang begitu praktis bagi para pengggunanya. Hal ini dikarenakan setiap anggota yang mengirimkan informasi melalui forum akan mendapatkan pemberitahuan juga melalui surat elektronik atau email. Informasi berita ini juga akan dikirimkan kepada semua anggota forum Mailing List melalui email masing-masing. Bila ada anggota yang membalas atau merespon suatu informasi, semua anggota juga akan menerima email mengenai informasi tersebut. Jadi kelemahannya adalah email pengguna akan sangat penuh karena update yang selalu dikirimkan oleh forum.
- Para anggota forum Mailing List harus menyertakan pesan informasi atau berita yang dia baca, setiap kali akan membalas informasi tersebut. Ini karena pengirim informasi tidak akan tahu informasi yang mana yang dibalas bila si pembalas tidak menyertakan kembali beritanya.
- Mengakses sebuah forum Mailing List di internet sangatlah lambat. Hal ini terjadi karena forum Mailing List yang biasanya kapasitasnya sangat besar sehingga harus menyedot bandwidth yang sangat banyak, dan tentu saja ini yang membuat pengaksesan Mailing List sangat lambat.
- Forum Mailing List tidak bersifat interaktif. Hal ini terjadi karena para anggota forum Mailing List tidak dapat mengkategorikan atau mengelompokkan informasi atau berita di forum Mailing List berdasarkan tema atau subyek berita yang lebih spesifik.
6.
PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
Perdagangan
sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya.
Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana yang digunakan untuk
berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan
penggunanya kini ialah e-commerce.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic
commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan,
pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau
televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-Commerce ini
sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply
chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana
cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup
juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata
atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan
bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Di samping itu, perdagangan elektronik juga masih menimbulkan
beberapa masalah, antara lain sebagai berikut.
a. Penipuan
dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
b. Hukum yang
kurang berkembang dalam bidang perdagangan elektronik ini.
c. Perusahaan di
internet tidak memiliki alamat secara fisik di suatu negara tertentu. Hal ini
akan menyulitkan konsumen untuk mengembalikan produk yang tidak sesuai dengan
pesanan.
d. Konsumen
sulit memperoleh jaminan untuk mendapatkan servis lokal atau perbaikan.
e. Produk yang
dibeli konsumen kemungkinan tidak sesuai dengan persyaratan lokal.
Perusahaan yang terkenal dalam bidang perdagangan elektronik,
antara lain eBay, Yahoo!, Amazon, Google, dan Paypal. Adapun contoh situs
perdagangan elektronik di Indonesia, antara lain www.glodokshop.com, www.indogrosiran.com, dan www.bukabuku.com.
Sumber:
Ø
http://pengertianx.blogspot.com/2013/05/pengertian-mailing-list-adalah.html diakses pada tanggal 22 Januari 2014.
Ø
http://ariezzstyle.wordpress.com/2011/03/30/pengertian-perdagangan-elektronik-e-commerce/ diakses pada tanggal 22 Januari 2014.
Ø
http://cyberstark.wordpress.com/2011/12/07/10-kelebihan-dan-kekurangan-search-engine/ diakses pada tanggal 22 Januari 2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar